Pusat Bantuan

Ada pertanyaan? Lihat Pusat Bantuan di bawah ini.

HUBUNGI KAMI

Cara Kerja WhiteCoat

Kami adalah penyedia layanan kesehatan digital yang menawarkan konsultasi kesehatan via video berdasarkan permintaan platform seluler.

Dokter kami siap membantu Anda dalam hal: 

 

  1. kondisi akut umum beserta tanda-tanda terkait;
  2. manajemen penyakit kronis
  3. advis obat-obatan yang perlu dibawa saat perjalanan jauh;
  4. review hasil laboratorium; dan
  5. Rekomendasi terkait kesehatan seksual atau kontrasepsi.

Secara umum, WhiteCoat cocok bagi siapa saja yang sedang mencari (i) pengobatan untuk masalah kesehatan non-darurat; (ii) Rekomendasi atau pendapat pembanding atas kondisi sebelumnya. 

Jika Anda berusia di bawah 16 tahun, Anda harus didampingi oleh orang dewasa (orang tua / wali) selama konsultasi video. Anda juga harus terdaftar di dalam akun WhiteCoat orang tua / wali Anda sebelum memulai konsultasi video.

Pasien berusia di bawah 16 tahun yang ingin melakukan konsultasi video pada Aplikasi WhiteCoat harus didampingi oleh orang dewasa (orang tua /wali) selama konsultasi video. Anak di bawah umur juga harus terdaftar pada akun WhiteCoat orang tua / wali mereka sebelum memulai konsultasi video.

Karena durasi setiap konsultasi video bisa berbeda-beda, waktu tunggu tergantung pada jumlah pasien pada antrean online. Waktu tunggu untuk konsultasi dokter pada aplikasi WhiteCoat rata-rata kurang dari 15 menit.

Jam Operasional WhiteCoat

WhiteCoat beroperasi setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00 sampai 20.00, dan Sabtu pukul 08.00 sampai 14.00. Pengiriman obat dilakukan setiap hari, tergantung pada ketersediaan mitra pengiriman dan jadwal pengiriman.

Konsultasi

Konsultasi video di Aplikasi WhiteCoat berlangsung secara real-time antara pasien dan dokter teregistrasi dan bersertifikat untuk menjalankan praktik kedokteran.

Setelah memilih dokter dan masuk antrean, Anda bebas untuk menutup Aplikasi WhiteCoat dan melakukan aktivitas lain. Aplikasi WhiteCoat akan mengirim pemberitahuan saat dokter sudah tersedia dan Anda dapat memulai konsultasi video Anda.

Dokter kami akan mengevaluasi gejala yang ada pada diri Anda dan / atau kondisi kesehatan sebelumnya kemudian menentukan, berdasarkan penilaian terbaik dokter, aman tidaknya untuk melanjutkan konsultasi video sesuai kondisi tersebut.

Jika dokter menyatakan bahwa kondisi Anda memungkinkan untuk konsultasi video, dokter akan melanjutkan dengan memberikan rekomendasi terkait kondisi kesehatan Anda. Jika dokter menyatakan bahwa kondisi Anda tidak memungkinkan untuk konsultasi video, dokter akan memberitahukannya dan menyarankan Anda agar mencari tindakan lanjutan yang sesuai untuk kelanjutan perawatan sebelum konsultasi video berakhir.

Bisa. Namun, kami tidak bisa menjamin secara pasti bahwa Anda bisa mendapatkan surat izin sakit setelah konsultasi video. Dokter akan menilai dan merekomendasikan jalan pengobatan terbaik yang bisa saja disertai atau tidak disertai dengan surat keterangan dokter.

Perlu dicatat bahwa surat izin sakit yang dikeluarkan oleh dokter teregistrasi di Singapura bisa saja tidak diakui oleh perusahaan pemberi kerja Anda.

Ya, bisa. Layanan konsultasi video WhiteCoat juga tersedia di luar Jakarta. Namun, layanan pengiriman obat kami terbatas area Jabodetabek, dan tergantung pada ketersediaan opsi pengiriman.

Jika memungkinkan dan relevan, Anda dapat mengambil foto terkait kondisi Anda, misal. pada infeksi, masalah kulit atau luka, rekam medis, dan / atau hasil laboratorium terbaru. Unggah foto tersebut melalui fitur ” Unggah Gambar” pada Aplikasi WhiteCoat sebelum melakukan konsultasi video sebagai materi review dokter:

Apabila tersedia dan layak secara medis, kami merekomendasikan agar peralatan berikut bisa disediakan selama konsultasi video:

(I) termometer;

(ii) alat pengukur tekanan darah;

(iii) glukometer (bagi penderita diabetes);

(iv) timbangan berat badan; atau

(v) senter.

Anda juga dapat mengecek sendiri kondisi Anda (menggunakan peralatan tersebut) sebelum konsultasi video dan menyampaikan hasilnya ke dokter.

Perawatan WhiteCoat

Kondisi umum yang cocok untuk konsultasi video pada Aplikasi WhiteCoat termasuk tetapi tidak terbatas pada:

(i) flu, batuk, pilek atau sakit tenggorokan;

(ii) demam, atau sakit kepala;

(iii) diare, konstipasi atau muntah;

(iv) ruam, atau herpes;

(v) konjungtivis;

(vi) infeksi saluran kemih;

(vii) kondisi kulit; dan

(viii) masalah kesehatan non-darurat lainnya.

Untuk gejala-gejala di luar daftar di atas, dokter kami akan membuat penilaian klinis berdasarkan penilaian terbaik mereka.

Di samping konsultasi video untuk gejala kesehatan primer yang secara umum nampak, Anda juga dapat (i) memperoleh bantuan manajemen pengobatan penyakit kronis (termasuk resep obat kronis); (ii) memperoleh obat yang perlu dibawa saat melakukan perjalanan jauh; (iii) melakukan konsultasi untuk mengklarifikasi hasil laboratorium terbaru; atau (iv) mendapatkan advis yang berkaitan dengan kesehatan seksual atau kontrasepsi.

Sesuai kebijakan terbaru kami terkait manajemen penyakit kronis, setiap pasien harus memberikan hasil skrining kesehatan terbaru (yang harus diunggah via fitur “Unggah Gambar”) pada Aplikasi WhiteCoat untuk tujuan verifikasi) untuk bisa memenuhi syarat.

Aplikasi WhiteCoat dimaksudkan untuk mengatasi masalah medis non-darurat.

Anda harus berkonsultasi dengan dokter secara langsung atau segera menghubungi layanan darurat setempat jika kondisi kesehatan Anda termasuk dalam daftar berikut, atau jika memang kondisi Anda mengharuskan adanya diagnosis dan penanganan secara fisik.

(i) kondisi darurat;

(ii) kondisi non-minor;

(iii) kondisi kesehatan mental;

(iv) kondisi kronis yang belum pernah didiagnosis sebelumnya oleh dokter; dan (iv) kondisi apapun selama konsultasi video yang dirasa membutuhkan konsultasi secara fisik untuk klarifikasi, pemeriksaan, diagnosis dan / atau perawatan lebih lanjut.

Kondisi darurat termasuk tapi tidak terbatas pada hal-hal berikut:

(i) nyeri dada;

(ii) perdarahan secara terus menerus atau luka dalam dll.;

(iii) sesak napas parah;

(iv) konvulsi atau kejang;

(v) nyeri perut parah;

(vi) mati rasa, lemah atau kesulitan berbicara dengan jelas secara tiba-tiba; dan (vii) dugaan fraktur atau dislokasi yang menyebabkan nyeri hebat, luka terbuka, deformasi, memar atau bengkak parah, hilangnya kemampuan sensorik, anggota tubuh lemas, dll.

Untuk gejala-gejala di luar daftar di atas, dokter kami akan membuat penilaian klinis berdasarkan penilaian terbaik mereka.
Selain itu, Anda mungkin akan diarahkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung jika Anda membutuhkan layanan medis atau pengobatan berikut:

(i) uji laboratorium;

(ii) modalitas citra;

(iii) skrining kesehatan;

(iv) layanan radiologi;

(v) tes smear dan prosedur lainnya;

(vi) vaksinasi; dan

(vii) pengobatan terkontrol atau terbatas.

Jika dokter menyatakan bahwa gejala dan / atau kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya tidak cocok untuk konsultasi video, maka dokter akan memberitahu dan menyarankan agar Anda menjalani tindakan lanjutan yang sesuai untuk keberlanjutan perawatan Anda. Tindakan tersebut termasuk tapi tidak terbatas pada hal-hal berikut:

(i) mendatangi klinik perawatan primer untuk mendapatkan konsultasi fisik;

(ii) mendatangi rumah sakit darurat terdekat;

(iii) menghubungi 118; atau

(iv) merekomendasikan Anda untuk berkonsultasi dengan spesialis.

Akun & Pembayaran

Berikut adalah uraian biaya konsultasi terkait konsultasi video via Aplikasi WhiteCoat:

Konsultasi dengan dokter teregistrasi di Indonesia

Jam Operasional Harga Tarif

Jam Kerja

Senin sampai Jumat: 08.00 sampai 20.00

Sabtu: 08.00 sampai 14.00

Rp100.000

 

Konsultasi dengan dokter teregistrasi di Singapura

Jam Operasional Harga Tarif

Jam Kerja

Sen sampai Jum: 08.00 sampai 20.00

Sab: 08.00 sampai 14.00

Rp200.000

 

Biaya konsultasi kami tidak termasuk biaya obat dan ongkos kirim (jika ada).

Di akhir konsultasi video, Anda akan menerima tagihan terperinci yang menunjukkan biaya total, yang mencakup:

(i) biaya konsultasi;

(ii) biaya obat (jika ada); dan

(iii) ongkos kirim (jika ada)

Kami menerima pembayaran via Virtual BCA, Transfer BCA dan Virtual Account Permata.

Pembayaran untuk konsultasi video, biaya obat dan ongkos kirim (jika ada) akan ditagihkan di akhir konsultasi video.

Perangkat yang Didukung, Pemecahan Masalah & Sambungan

Layanan konsultasi video WhiteCoat tersedia via Aplikasi WhiteCoat di perangkat seluler Android dan iOS.

Untuk perangkat Android, Anda membutuhkan setidaknya Android 4.4 dan versi di atasnya untuk bisa memasang Aplikasi WhiteCoat.

Untuk perangkat iOS, Anda membutuhkan setidaknya iOS 9 dan versi di atasnya untuk bisa memasang Aplikasi WhiteCoat.

Layanan konsultasi video WhiteCoat bisa bekerja maksimal jika menggunakan sambungan Wi-Fi.

Ya, Anda bisa menggunakan nomor telepon yang tidak terdaftar di Indonesia untuk registrasi akun WhiteCoat.

Untuk keamanan tambahan dalam rangka mengurangi risiko pencurian identitas online, diperlukan verifikasi One-Time Passcode (OTP) saat proses registrasi. Kami akan mengirimkan kode sandi ke nomor ponsel Anda dan hanya berlaku sekali saja untuk proses autentikasi identitas.

Ya, Anda dapat menggunakan paspor asing untuk mendaftar akun di WhiteCoat.

Jika hal tersebut terjadi, Anda memiliki waktu maksimal 3 menit untuk terhubung kembali dengan dokter. Jika sambungan masih gagal, konsultasi video Anda akan diakhiri (tanpa biaya tambahan).

Jika Anda masih tidak dapat tersambung, laporkan dengan mengirim pemberitahuan ke [email protected] atau melalui Aplikasi WhiteCoat via: tab “Lebih Banyak” > “Tentang Kami” > “Hubungi Kami” dan tim dukungan pelanggan kami akan menghubungi Anda sesegera mungkin untuk membantu.

Untuk meminimalisir masalah konektivitas, kami sangat menyarankan untuk menggunakan Wi-Fi saat konsultasi video.

Jika hal tersebut terjadi, pastikan Anda sudah memberikan izin kepada aplikasi WhiteCoat untuk mengakses mikrofon dan kamera Anda.

Anda dapat mengaktifkannya di bagian “Pengaturan” perangkat seluler Anda. Pastikan Anda juga memiliki sambungan 4G atau Wi-Fi yang kuat.

Jika Anda masih tidak dapat tersambung, laporkan dengan mengirimkan pemberitahuan ke [email protected] atau melalui Aplikasi WhiteCoat via: tab “Lebih Banyak” > “Tentang Kami” > “Hubungi Kami”.

Dokter WhiteCoat

Tentu saja. Jika mau, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter yang tersedia di giliran konsultasi berikutnya pada Aplikasi WhiteCoat.

Ya, semua tim dokter Indonesia kami sudah teregistrasi di Konsil Kedokteran Indonesia (kki.go.id). Begitupun tim dokter Singapura kami juga sudah teregistrasi di Konsil Kedokteran Singapura. Semua tim dokter kami sudah disertifikasi oleh badan kualifikasi WhiteCoat yang terdiri dari praktisi kesehatan yang memenuhi kualifikasi dan berpengalaman di bidang kesehatan primer, serta juga telah menjalani skrining, pelatihan, dan kredensial ketat.

Obat-Obatan

Tentu saja. Namun, kami tidak dapat menjamin bahwa Anda pasti akan mendapatkan resep obat setelah konsultasi video. Dokter akan menilai dan merekomendasikan jalan pengobatan terbaik yang bisa saja melibatkan atau tanpa melibatkan pemberian resep obat.

Anda tidak wajib membeli obat melalui kami atau mitra farmasi kami. Selama konsultasi video, dokter dapat memberikan resep, jika dianggap layak secara medis. Semua obat yang diresepkan akan ditunjukkan kepada Anda di Aplikasi WhiteCoat dan Anda dapat dengan leluasa menentukan apakah ingin membeli salah satu atau semua obat tersebut. Perlu dicatat bahwa Anda tidak dapat membatalkan pesanan obat setelah pembayaran selesai dilakukan.

Biaya konsultasi kami tidak mencakup biaya obat, dan ongkos kirim (jika ada). Perlu dicatat juga bahwa semua pembelian obat dan ongkos kirim tidak dapat dikembalikan.

Ya, bisa. Anda punya waktu 24 jam setelah konsultasi video untuk membeli obat yang telah diresepkan oleh dokter kami via Aplikasi WhiteCoat. Anda bisa menghubungi kami di [email protected].

Setelah melewati 24 jam, pembelian obat tidak dapat dilakukan kecuali Anda telah menerima resep baru dari dokter kami.

WhiteCoat berkomitmen untuk memberikan perawatan yang aman dan layak bagi seluruh pasien, dan kami terus mereview kebijakan kami agar senantiasa sesuai dengan praktik kesehatan terbaik. Oleh karena itulah, obat yang sudah kami resepkan sebelumnya mungkin tidak lagi tersedia. Jika kondisi ini terjadi, dokter kami akan mendiskusikan dan menyarankan agar Anda mengambil opsi penanganan alternatif.

Saat ini, kami tidak meresepkan atau mengirimkan obat-obatan terkontrol apa pun yang dapat menyebabkan ketergantungan atau bisa mengarah pada penyalahgunaan melalui konsultasi video via Aplikasi WhiteCoat. Kami memohon maaf maaf atas hal ini.

Semua obat-obatan yang dikirimkan akan dibungkus dan tertutup sepenuhnya dalam kemasan anti-pecah. Setelah menerima paket obat, Anda harus memeriksa dan memastikan bahwa:

(i) nama pada paket obat sudah benar;

(ii) paket obat tidak rusak, sobek atau koyak; dan

(iii) obat di dalam paket obat sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter.

Jika Anda menerima paket yang salah, atau paket yang rusak, sobek atau koyak, jangan mengonsumsi obat tersebut dan segera laporkan dengan mengirimkan pemberitahuan ke [email protected] atau melalui Aplikasi WhiteCoat via: tab “Lebih Banyak” > “Tentang Kami” > “Hubungi Kami”.

Ya. Kami dapat meresepkan obat untuk kondisi kronis. Sesuai kebijakan kami saat ini, setiap pasien harus memberikan hasil skrining kesehatan terbaru (yang harus diunggah via fitur “Unggah Gambar”) pada Aplikasi WhiteCoat untuk tujuan verifikasi).

Pengumpulan Obat & Pengiriman

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan kemudahan kepada semua pasien dan pengalaman kesehatan yang lebih baik, Anda memiliki opsi untuk membeli obat yang diresepkan oleh dokter kami via Aplikasi WhiteCoat dan dikirimkan ke alamat yang Anda tentukan (tergantung opsi pengiriman yang tersedia).

Biaya konsultasi kami tidak mencakup biaya obat, dan ongkos kirim (jika ada). Perlu dicatat dengan baik juga bahwa semua biaya pembelian obat dan ongkos kirim tidak dapat dikembalikan.

Jasa pengiriman Anda akan berusaha untuk selalu menghubungi ketika sudah tiba di alamat pengiriman dan akan menunggu hingga 10 menit.

Apabila diperlukan pengiriman kedua, Anda akan dikenakan ongkos kirim tambahan per pengiriman ulang.

Jika Anda menerima paket yang salah, atau paket yang rusak, sobek atau koyak, jangan mengonsumsi obat tersebut dan segera laporkan dengan mengirimkan pemberitahuan ke [email protected] atau melalui Aplikasi WhiteCoat via: tab “Lebih Banyak” > “Tentang Kami” > “Hubungi Kami”.

Informasi Pribadi, Rekam Medis & Kerahasiaan

Kami terus memperbarui rekam informasi medis Anda sejak konsultasi video pertama via Aplikasi WhiteCoat. Anda dapat mengakses informasi ini melalui Aplikasi WhiteCoat via tab “Riwayat”.

Kami sangat menjaga kerahasiaan data pasien. Semua data dan rekam medis pasien yang diberikan via Aplikasi WhiteCoat tersimpan dengan aman.

Administrator, pasien atau dokter, dilarang keras melakukan segala bentuk kegiatan perekaman (audio atau video) konsultasi video pada Aplikasi WhiteCoat, baik seluruhnya atau sebagian.

Semua pelanggaran atas hal-hal tersebut di atas merupakan bentuk pelanggaran hukum privasi dan kerahasiaan antara dokter dan pasien.

Sejalan dengan praktik kesehatan terbaik, klinik biasanya memerlukan KTP atau SIM untuk mengidentifikasi pasien dan menjaga rekam medis agar selalu akurat, lengkap dan terbaru.

Begitu pun halnya dengan WhiteCoat. Kami meminta salinan KTP, SIM atau paspor sebagai bagian dari proses pendaftaran agar kami bisa memverifikasi identitas pasien dengan akurat, menjamin bahwa perawatan kesehatan dan pengobatan diberikan kepada pasien yang tepat, dan menjaga rekam medis agar tidak salah orang. Kami menjamin bahwa semua informasi pribadi Anda dijaga kerahasiaannya.

Lain-Lain

Kami senang menerima dan menghargai semua umpan balik serta masukan seiring dengan upaya kami untuk terus mempelajari, meningkatkan serta mengembangkan pendekatan dan layanan kami.

Jika Anda ingin memberikan umpan balik dan masukan terkait layanan kami, silakan kirim ke [email protected] atau melalui Aplikasi WhiteCoat via: Tab “Lebih Banyak” > “Tentang Kami” > “Hubungi Kami”.